Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Cara mengatasi Komputer Gagal Booting atau tidak bisa masuk ke Windows

Cara mengatasi Komputer gagal Booting atau tidak bisa masuk Windows- Laptop atau Komputer kadang kala mengalami kerusakan dan tidak selamanya akan bagus untuk dipakai karena komputer merupakan elektronik, dan salah satu kerusakan/permasalahan yang sering terjadi ialah saat menyalakan komputer malah ndak bisa masuk ke windows atau gagal booting, biasanya ada pesan error yang muncul atau layar menjadi blue screen.

Cara mengatasi Komputer gagal booting atau tidak bisa masuk ke Windows
Cara mengatasi Komputer gagal booting atau tidak bisa masuk ke Windows


Dan permasalahan itu terjadi karena beberapa faktor/penyebab yang membuat anda tidak dapat masuk ke windows atau gagal booting, diantaranya :

- Proses Booting yang terjadi tidak sempurna atau proses bootingnya terhenti di tengah jalan.
- Ada kerusakan pada driver atau file menyebabkan windows gagal dalam membacanya.
- Ada file yang tidak sengaja tehapus di dalam operasi windows.
- Kemungkinan ada virus yang ikut loading saat men start up komputer.
- Ada settingan Bios yang berubah atau tidak benar.

diatas adalah faktor-faktor yang mempengaruhi komputer anda gagal masuk ke windows, dan pada artikel ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan, dengan cara sebagai berikut.

1. Menghapus aplikasi penyebab gagal booting lewat safe mode.

Contoh gambar safe mode


Langkah pertama menghapus Aplikasi atau file-file tertentu yang mengandung virus atau malware, dengan cara menekan f8 ketika booting windows berjalan, kemudian akan muncul menu-menu boot tambahan yang dimiliki windows, pilih safe mode saat masuk ke safe mode, maka anda dapat menghapus Aplikasi, mendeteksi virus dengan mencscan virus atau malware, mengunistall driver, dan file-file atau aplikasi lain yang dapat menyebabkan gagal booting.

akan tetapi cara ini cara ini mengharuskan anda untuk mengetahui file apa atau file mana yang menyebabkan windows gagal booting. Apabila saat booting anda melihat pesan tertentu seperti saat blue screen ofdeath, maka pesan tesebut dapat anda gunakan untu mencari tahu file apa yang perlu untuk dihilangi atau di perbaiki supaya windows dapat berfungsi dengan normal, selain itu anda juga dapat mengingat kembali kapan terakhir windows anda baik-baik saja dan aplikasi atau kejadian apa yang kemudian memebuat windows anda mengalami masalah booting.

2. Malakukan Sistem Repair Windows.

Contoh gambar sistem repair


Untuk memulihkan komputer yang tidak dapat masuk ke windows adalah dengan cara rapair Windows. Masukkan CDinstalasi windows kemudian ubah BIOS untu mencoba start up lewat CD, kemudian setelah instalasi masuk ke bagian install windows maka pilih opsi repair windows, Anda dapat menginstall windows ke folder baru atau lakukan format harddisk jika repair windows gagal.

3. Kembalikan Settingan BIOS ke default.

Contoh gambar Settingan default Bios


Pastikan bahwa anda tidak mengubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan settingan seperti semula. jika anda lupa, maka anda boleh masuk ke BIOS dan Silahkan pilih BIOS Default maka otomatis BIOS kembali ke pengaturan semula.

4. Melakukan Install ulang Windows.

Jika cara diatas kurang ampuh, maka anda boleh melakukan Intalasi pada komputer anda dengan menInstall ulang sistem operasi anda dengan berbasis windows, karena dengan melakukan Install ulang, maka anda dapat menghapus semua file (dan tentu saja file personal) yang mungkin menyebabkan error sehingga komputer anda gagal booting.

Kalau hardisk anda dalam keadaan baik atau tidak bad sector, cara ini kemungkinan besar berhasil. Karena jika hardisk mengalami bad sector atau rusak, maka kemungkinan besar cara ini tidak akan berhasil.

5. Mangganti Hardware yang sudah rusak.

Masalah gagal booting juga biasa terjadi karena adanya komponen hardware yang rusak, anda dapat melakukan pengecekan komponen hardware anda, seperti modul RAM yang biasanya mengalami rusak pada salah satu chipnya, processor yang tidak mampu memproses intruksi dengan maksimal, VGA yang rusak, tekanan Power supply kurang stabil, atau bahkan IC nya yang rusak.

Anda dapat mengecek satu-satu komponen nya ke komputer yang masih bagus, dan jika anda sudah menemukan yang rusak silahkan anda ganti perangkat keras yang rusak tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi komputer gagal booting atau tidak bisa masuk ke Windows, dan jangan lupa anda pahami kerusakan komputer anda dengan baik dan lakukanlah perbaikan, semoga artikel saya ini bermanfaat bagi sobat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Cara mengatasi Komputer Gagal Booting atau tidak bisa masuk ke Windows

0 Komentar untuk "Cara mengatasi Komputer Gagal Booting atau tidak bisa masuk ke Windows"

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog