Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Cara Menutup Aplikasi (Program) Secara Paksa di Windows

Cara Menutup Aplikasi (Program) Secara Paksa di Windows - Aplikasi merupakan perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna (user). Aplikasi yang ada di komputer kadang kalanya terjadi hang, dan membuat kita jengkel apalagi aplikasinya ndak bisa ditutup atau diclose, biasa hal ini terjadi karena spesifikasi komputer anda rendah atau memang komputer anda sudah panas atau sudah lama menyala.

Cara Menutup Aplikasi (Program) Secara Paksa di Windows


Ada 2 cara yang akan saya bagikan untuk menutup aplikasi yang hang secara paksa, dan 2 cara ini menggunkan program bawaan windows yaitu, Windows Task Manager, untuk langkah-langkah dapat anda ikuti berikut ini :

A. Menutup Aplikasi Melalui Tab Applications

Contoh gambar Tab Applications


1. Langkah pertama tekan tombol Ctrl + Alt + Delete, atau anda juga bisa melakukan Klik kanan pada Taskbar (jika anda menggunakan windows 7 atau 10) yang berada di bawah layar monitor, Lalu Pilih Start Task Manager.

2. Pada Tab Applications, Pilih Aplikasi (program) yang ingin anda tutup.

3. Terakhir Klik End Task.


B. Menutup Aplikasi Melalui Tab Processing

Contoh gambar Tab Processing


Jika cara pertama kurang berhasil untuk menutup aplikasi yang hang, anda dapat melakukan cara berikut ini :

1. Langkah pertama tekan tombol Ctrl + Alt + Delete, atau anda juga bisa melakukan Klik kanan pada Taskbar (jika anda menggunakan windows 7 atau 10) yang berada di bawah layar monitor, Lalu pilih Start Task Manager.

2. Selanjutnya Program Task manager akan terbuka, lalu klik atau pilih Tab Processing.

3. Setelah itu Pilih aplikasi (program) yang ingin anda tutup, Lalu klik End Process (cat: jangan menutup aplikasi yang memiliki username system, kecuali jika anda tahu fungsinya).

4. Klik Yes.


Pada Tab Processing terdapa daftar program yang sedang berjalan di komputer anda, dengan username system, local service, network service, dan username anda sebagai pengguna.

Jangan mengutak-atik program yang memiliki username system, karena program tersebut aktif untuk mendukung kinerja kompter anda. Program atau aplikasi yang anda buka secara manual adalah program-program yang meiliki username nama komputer anda. Sebaiknya anda menghafal nama aplikasinya beserta username masing-masing, contohnya Winword.exe, Excel.exe, firefox.exe, dan masih banyak lainnya.

Itulah tadi cara menutup apikasi secara paksa melalui task manager di windows, Jika anda melakukan cara tersebut, hasil pekerjaan anda akan kembali ke terakhir disimpan. ada beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas menyimpan otomatis. Pastikan anda mengaturnya untuk berjaga-jaga bila terjadi hang. Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Cara Menutup Aplikasi (Program) Secara Paksa di Windows