Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

12 Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Cara merawat komputer yang baik dan benar, jika anda mempunyai komputer dirumah pasti anda ingin komputer anda tahan lama, awet, tidak rusak, dan sebagainya. disini saya akan membagi tips cara agar membuat komputer tahan lama, awet, bukan berarti tidak rusak, karena setiap elektronik pasti akan ada rusak dan yang bisa kita lakukan hanya melakukan perawatan terhadap komputer agar tahan lama dan tidak hang.


contoh gambar merawat dengan cara membersihkan keyboard


 1. Tutup/Close program yang tidak diperlukan

Setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memory yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabakan komputer anda menjadi lebih berat yang akhirnya akan dapat memperpendek umur komponen pada komputer anda.

2. Ventilasi yang cukup

Maksunya adalah tempatkan monitor maupun CPU anda sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabakan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan mnejadi cepat panas sehingga memperpendek jangka umur komputer kita. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dindidng/tembok minimal 30 cm. Jika perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

3. Install program antivirus dan updatelah secara berkala

Untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update program antivirus anda secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer anda dapat membuat anda menginstall ulang komputer anda. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

4. Uninstall atau buang program yang tidak anda gunakan

Ruang harddisk yang terlalu banyak tersisa akan memperlambat proses read/write harddisk anda saehingga beban kerja komputer anda akan lebih berat sehingga harddisk juga akan cepat rusak.

5. Pakailah UPS/Stabilizer

Gunakanlah UPS untuk mengantisipasi listrik mati/padam secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer anda terutama pada harddisk. Jika anda tidak ada UPS, gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag harddisk anda secata berkala

Fungsi deftrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga bebankerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.
Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver yang aktif pada kompouter anda kerna akan mengacaukan fungsi defrag ini.

7. Aktifkan Screensaver pada komputer.

Selain bersifat estetism screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi mengginakan fosfor untuk menampilkan gambar. Jika monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor anda adalah LCD, LED yang sudah mengaktifkan screensaver dilengkapi dengan enerfy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Cotrol Panel > Display > Klik tab screensaver, kamudian pilih sesuai selera.

8. Bersihkan Recycle Bin atau file-file samplah secara rutin.

Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung terlabih dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pemabcaan harddisk jadi lambar/lelet.
Caranya di bagian desktop ada icon tempat sampah bernama Recycle Bin anda klik kanan > klik Empty Recycle Bin maka secara otomatis semua data yang sudah terhapus akan terhapus secara permanen, anda juga bisa menjalankan fungsi Disk Cleanup caranya klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (Seperti Temporary flie, temporary internet file), setelah itu klik OK.

9. Gunakan aplikasi Cleaner

Aplikasi Cleaner sangat membantu merawat dan mengoptimalkan kinerja komputer, karena berfungsi untuk membersihkan file-file yang tidak perlu seperti Recyle, Recent, Cookies, History, dll. biasanya saya sering menggunakan aplikasi CCleaner karena mudah digunakan dan tampilan yang simple dan mudah dimengerti, dan bisa menuninstall sebuah aplikasi yang anda ingin hapus. anda bisa mendownloadnya memalui internet di situs terkenel seperti, file hippo, jalan tikus, bagas31, dll.

10. Pasang kabel ground.


Casing komputer terkadang nyetrum saat dipegang, pasang kabel ground untuk mengantisipasi casing nyetrum. Caranya ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang "nyasar" pada komputer anda menjadi hilang dan tidak menyetrum lagi dan hal ini juga dapat membuat komponen elektronik pada komputer lebih awet dan tahan lama.

11.  Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor

Hal ini kedengarannya seperti hal biasa dilakukan, karena pada umumnya speaker diletakkan dekat disisi kiri monitor dan sisi kanan monitor agar terlihal lebih rapi. Namun tanpa anda sadari medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atu belang-belang. Dapat kami sarankan jarak speaker active anda masing-masing di sebelah kiri dan kanan adalah 30 cm agar medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna monitor anda.

12. Bersihkan Motherboard &  Periferal lain dari debu secara berkala.

Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini harus anda lakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboardnya dan periferal lain (RAM, Video Card, CDroom, kipad, dll) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, Keyboard.mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna  bagi sahabat dalam melakukan perawatan komputer.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : 12 Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar

0 Komentar untuk "12 Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar"

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog