Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak

Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak - Memory card mempunyai banyak sebutan, ada yang menyebut Kartu SD, Micro SD, Memori eksternal, dll, Memory Card ini digunakan di berbagai macam Smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data atau file, disamping Memori Eksternal, di Smartphone juga terdapat memori Internal yang mempunyai kapasitas bermacam-macam, dan kebanyakan orang tetap menambahkan memori eksternal di Smartphonya.

5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak
5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak


Memory Card yang ada di Smartphone sering terjadi kerusakan dalam hal memory card nya ndak terbaca di Smartphone, jika hal ini terjadi anda bisa melakukan beberapa cara perbaikan berikut ini.

1. Lepas dan Masukkan ulang Memory Card

Jika Smartphone anda ketika dinyalakan malah Memory Card nya ndak terbaca langkah pertama yang harus anda lakukan matikan Smarphone anda dan Cek Penempatan Slot Memory Card dan Cara pasang memory card anda, biasa ada orang yang salah memasukkan Memory ada kurang rapat memasukkannya, dan pernah ada aku dapat tetangga aku memasukkan Memorinya kebalik, jika hal ini terjadi anda masukkan ulang Memory Card anda dengan benar sesuai petunjuk di Smartphone anda jangan kebalik ya.

2. Bersihkan Lempengan Tembaga Memory Card

Langkah selanjutnya jika memory card Masih belum terbaca silahkan anda bersihkan Memori Lempengan Tembaga yang ada di Memory Card (terdapat di bagian atas memory Card), jika sudah ketemu bersihkan menggunakan penhapus pensil berwarna putih, gosok pada lempengan tembaga dengan satu arah sekitar beberapa detik, anda juga bisa menggunakan kain yang bermaterial microfiber dan usap lempengan tembaga secara perlahan sampai bersih.

3. Format Memory di Smartphone

Lakukan Format ulang lewat Smartphone dengan cara masuk ke menu Setting/Setelan > Stronge > pilih opsi Erase SD Card. Setelah itu  Memory anda akan terformat secara otomatis.

4. Cek Kondisi Memori di Laptop atau PC

Jika setelah di Format dan masih tidak terbaca anda bisa lakukan pengecekan kondisi Memory anda lewat Laptop atau pc, pertama hubungkan smarphone anda ke Laptop menggunakan kabel data (gunakan Mass Stronge Mode). Kemudian buka Windows Explorer di Laptop, Klik kanan Drive kartu memory, Setelah itu pilih Properties > Tools > Error Checking. Tunggu hingga proses pengecekan hingga selesai, lalu ejeck kartu memori anda dan pastikan sudah terbaca atau belum.

5. Format Memory Ulang Memory di laptop (system FAT32)

Langkah terakhir jika Memory anda terbaca di laptop, tetapi malah tidak terbaca di smartphone maka lakukan Format ulang Memory dari laptop atau pc dengan menggunakan format file system FAT32. pertama anda amankan dulu isi Memory anda dan copy ke penyimpanan laptop anda >> klik kanan Memory dan pilih menu format >> setelah itu pilih system format FAT32 dan tunggu hingga proses selesai.

Itulah tadi Tips 5 cara ampuh memperbaiki memory Card anda yang rusak atau tidak terbaca, Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu anda jika ada kritik dan saran tambahan silhkan anda komentar di bawah ini.

Sekian dan Terima Kasih.


Related : 5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak

0 Komentar untuk "5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Rusak "

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog