Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek

Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek -Saat ini Laptop merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan untuk kebutuhan pribadi ataupun kebutuhan dalam bekerja atau belajar mengajar karena bentuknya yang memudahkan kita untuk dapat membawanya kemana-mana, dan ada banyak orang yang membeli dan juga yang menjualnya.

Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek
Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek


Dan yang menjualnya mempunyai berbagai macam alasan, baik itu karena dia ingin menjual dan membeli laptop yang mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dan ada juga yang menjual karena krisis ekonomi yang dia alami, Nah bagi anda yang lagi pengen membeli sebuah laptop anda harus pandai-pandai memilih laptop apalagi jika anda ingin membeli laptop yang second atau bekas, alangkah baiknya jika anda pengen membeli laptop yang bekas sebaiknya anda baca dulu beberapa tips yang perlu anda perhatikan saat ingin membelinya sebagai berikut :

1. Beli laptop secara Face to face (Offline)

Tips pertama jangan membeli laptop yang second jika anda tidak face to face dengan penjualnya, face to face berarti anda bertemu langsung dengan penjualnya, Jika anda membeli sebuah Laptop secara online yang anda saja tidak kenal dan tidak ketemu dengan orang tersebut sering terjadi yang namanya penipuan, oleh karena itu saya sarankan boleh mencari laptop second secara online tapi di daerah atau di kota tempat anda tinggal agar supaya anda dapat bertemu langsung dengan si penjual laptop tersebut.


2. Cek Segel Laptop

Cek segel yang ada pada laptop, segel laptop biasanya terletak di bagian bawah laptop (casing bawah) atau di layar laptop, anda harus memeriksanya jika masih utuh atau tida berlubang (rusak) menandakan laptop itu belum pernah diservice atau dibongkar karena segel tersebut sengaja di pasang di bagian atas baut, dan jika sudah pernah di service maka segel yang ada diatas baut pasti akan berlubang, dan jika segel masih utuh itu berarti garansi laptop tersebut masih berlaku.

3. Cek kelengkapan Laptop

Anda juga perlu mengecek kelengkapan dari laptop tersebut berupa, Charger, Baterai, Dos, Kartu garansi, CD driver, Nota pembelian, dll. Kelengkapan tersebut anda perlu mengeceknya karena semakin banyak kelengkapannya itu berarti nilai laptop yang anda ingin beli semakin baik, dan utamakan cek Dos dan Nota pembeliannya, supaya anda dapat yakin bahwa laptop itu bukan dari hasil pencurian, sekarang sudah banyak laptop yang hilang jadi anda perlu teliti untuk memilih.

4. Cek Daya tahan Baterai nya

jangan lupa anda mengecek daya tahan baterainya, biasanya banyak orang yang ingin menjualnya karena baterainya drop baru menyala 5 menit kemudian laptop mati atau harus dicas lagi, alangkah bagus jika anda membeli laptop yang mempunya daya tahan baterai sekurang-kurangnya 50% (ini tergantung kriteria anda)

5. Cek Display Laptop

Cek display layar laptop tersebut, biasanya ada laptop yang layar nya bergaris, berbinik-bintik, atau mempunyai dead pixel, karena hal tersebut dapat mengurangi penampilan, dan penglihatan kita saat mulai mengoperasikan atau menyalakannya.

6. Cek Body (fisik) Laptop

Cek kondisi fisik laptop tersebut, apakah ada goresan, jika goresan masih wajar, yang penting jangan sampai ada yang retak pada casing laptop tersebut, atau engsel yang ada pada layarnya mulai kurang berfungsi atau ada yang patah, itu sangat penting supaya anda nantinya nyaman untuk memakai laptop tersebut.

7. Cek atau tes Keyboard Laptop

Cek Kondisi keyboard secara keseluruhan, anda tinggal masuk ke word atau notepad, dan tes semua tombol yang ada satu persatu, ini juga sangat penting untuk anda cek karena keyboard merupakan perangkat input, yang sering kita gunakan untuk memakai tombol kombinasi untuk melakukan perintah atau untuk mengetik sebuah dokumen.

8. Cek Spesifikasi Laptop

Cek pspesifikasi laptop berupa Ram, Kapasitas Hardisk, Processor, Vga, dll. anda perlu mengeceknya dengan menyalakan laptop tersebut dan cek spesifikasinya di logo komputer dan klik kanan pilih menu properties maka akan muncul jendela baru, dan cek spesifikasinya apakah sesuai dengan apa yang dia tawarkan atau sesusai dengan yang anda inginkan.

9. Cek Hardwarenya (perngkat keras)

Jangan lupa untuk mengecek Hardware yang tak kalah penting, seperti touchpad apakah masih berfungsi dengan baik klik kiri ataupun klik kanannya, Cek juga hardisknya ada permasalahan (bad sector) atau tidak, Speakernya juga perlu untuk anda tes apakah masih mengeluarkan suara yang baik didengar atau tidak pecah kedengarannya, Dvdnya juga perlu anda dapat mengetesnya dengan memasukkan CD drivernya.

10. Cek harganya di pasaran

Langkah terakhir cek harga baru dan bekas dari laptop yang anda beli melalui internet, apakah sesuai dengan harga yang ia tawarkan. agar kiranya anda tidak membeli laptop bekas yang kemalahan dari harga pasaran yang ada.

Mungkin itu saja beberapa tips yang saya bagia buat anda, dan ane juga punya saran bagi teman-teman yang kurang tahu tentang informasi komputer atau laptop, sebaiknya anda mengajar rekan anda yang sudah memiliki pengalaman di bidang IT supaya dapat memberikan anda pertimbangan pada saat mengambil keputusan untuk membeli laptop bekas tersebut, Semoga artikel ini membantu teman-teman dalam membeli sebuah latpop bekas, dan semoga bermanfaat bagi sobat.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek

1 Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Bekas / Second Semua Merek"

kebetulan mau beli laptop second. terima kasih sudah berbagi tipsnya

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog