Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Cara Membuat Bootable / Instalasi Windows 7, 8, 10 di Flashdisk

Cara Membuat Bootable / Instalasi Windows 7, 8, 10 di Flashdisk - Laptop atau komputer yang sering digunakan atau yang jarang dipakai tidak selalu dalam kondisi yang baik ada kalanya tiba-tiba mengalami error atau ada sistem yang rusak seperti blue screen atau komputer lambat loading yang membuat anda ingin memperbaharui windows nya atau menginstall ulang sistem operasinya agar kembali berjalan dengan normal.

Cara Membuat Bootable / Instalasi Windows 7, 8, 10 di Flashdisk
Cara Membuat Bootable / Instalasi Windows 7, 8, 10 di Flashdisk


Dan untuk Menginstall ulang windows anda membutuhkan perangkat tambahan yang nantinya diisi sistem operasi, dan perangkat tambahan yang dimaksud berupa Falshdisk atau anda dapat menggunakan DVD (jika laptop atau komputer mempunyai DVD Room), jika anda memasukkan sistem operasi misalnya windows 7 dengan cara mengcopy nya saja langsung maka itu tidak akan terbaca nantinya di bootingan, anda harus menggunakan software pihak ketiga.


Ada banyak software yang dapat anda gunakan, disini saya hanya menshare software yang sering saya gunakan dan juga mudah untuk digunakan yaitu "Rufus" anda bisa mencarinya melalui google, Software Rufus bisa dipakai berbagai macam sistem operasi untuk membuat bootingan, Linux, Windows 7, 8, dan 10, dll. langkah-langkah untuk membuat bootable windows dengan menggunakan rufus sebagai berikut :

1. Masukkan Flashdisk

Langkah pertama anda masukkan Flashdisk yang ingin dimasukkan sistem operasi. (bisa juga menggunakan kaset CD/DVD)

2. Buka Rufus

Contoh gambar Sofware Rufus
Contoh gambar Sofware Rufus


Langkah selanjutnya silahkan anda buka Software rufus yang sudah anda download

3. Memilih Sitem Operasi

Contoh gambar tahap 3
Contoh gambar tahap 3


Setelah Rufus terbuka maka secara otomatis Flahdisk anda akan terbaca, dan cari lokasi tempat sistem operasi anda dengan men klik flash atau kaset, seperti pada gambar di atas ini. setelah diklik lalu  cari dan pilih sistem operasinya.

4. Mulai Bootable

Contoh gambar tahap 4
Contoh gambar tahap 4


Setelah anda memilih sistem operasi, saat memulai bootable dengan men klik Tombol Start, dan tunggu hingga Proses.

Saya yakin cara diatas cukup mudah untuk digunakan atau dilakukan, jika prosesnya sudah selesai anda tinggal men close atau menutup aplikasi rufus, maka ikon flashdisk atau kaset yang sudah di bootable akan berubah sesuai ikon sistem operasi yang diisikan, selamat mencoba teman-teman good luck, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.


Related : Cara Membuat Bootable / Instalasi Windows 7, 8, 10 di Flashdisk