Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Cara Mengatasi Windows error 'Page Fault In Nonpaged Area' (Blue Screen)

Cara Mengatasi Windows error 'Page Fault In Nonpaged Area' (Blue Screen) - Ada banyak permasalahan yang terjadi dalam Komputer atau laptop kadang itu dikarenakan karena Hardware (perangkat keras), dan ada juga yang terjadi karena Sistem operasi nya error, dll. Masalah yang datang tiba-tiba, dapat membuat kita pusing atau bingung bagaimana sih ini berjadi? dan bagaimana sih cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Windows error 'Page Fault In Nonpaged Area' (Blue Screen)
Cara Mengatasi Windows error 'Page Fault In Nonpaged Area' (Blue Screen)


Salah satu masalah yang membuat kita linglung adalah jika komputer atau laptop kita mengalami yang nama nya blue Screen (Layar berwarna biru) ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadi nya blue screen, itu tergantung dari pesan teks yang dimunculkan di layar blue screen salah satu pesan yang sering tampil di blue screen 'Page Fault In Non Paged Area', ini termasuk BSOD (Blue Screen of Death).

Saya pernah mendapat masalah dengan pesan blue screen 'Page Fault In Non Paged Area' itu terjadi di laptop teman saya, dan dia pusing dan bingung cara mengatasinya dan meminta bantuan kepada aku, dan saya sharing-sharing permasalahannya itu terjadi ketika page file tidak dapat mengirim file ke wilayah non-paged karena daerah non-paged membutuhkan file untuk mengijinkan suatu proses tertentu. dan setelah itu ada 2 cara yang aku lakukan untuk mengatasinya dan berhasil (Work) laptop teman aku kembali normal seperti biasa, Simak Cara mengatasi nya sebagai berikut :

1. Masuk SAFE MODE dan atur Virtual Memory

Contoh Gambar Safe Mode
Contoh Gambar Safe Mode
 

Cara pertama yang dapat anda lakukan dengan masuk ke Safe Mode dan Atur Virtual Memorya dengan cara berikut ini :

- Masuk Safe dengan dengan Menekan tombol F8 saya laptop dinyalakan atau dalam keadaan booting.
- Setelah masuk ke Safe Mode Buka menu Start > Klik kanan My Computer > Pilih Properties.
- Setelah itu akan terbuka jendela baru dan Klik tab Advanced System Setting, lalu Klik lagi pada bagian Performance.
- Lalu pada Virtual Memory klik Change.
- Setelah itu Un-Ceklis Automatically manage paging file size for all drivers, dan dibawahnya pilih No Paging File dan klik Set.
- Lalu klik OK ke semua Tab yang muncul.
- Dan terakhir Restart laptop anda.

Laptop teman aku sampai sekarang masih berjalan normal dengan cara yang aku pakai diatas, dan Semoga cara diatas dapat juga memperbaiki permasalahan laptop anda, dan jika cara diatas tidak Work anda dapat melakukan cara dibawah ini :

2. Install atau Repair Windows.

Contoh gambar Langkah menginstall Windows
Contoh gambar Langkah menginstall Windows


Jika cara pertama yang anda lakukan masih membuat tampilan blue screennya tidak hilang, anda dapat melakukan  Repair Windows atau lebih baik anda Install Ulang saja dengan Sistem Operasi yang baru. dan dengan cara menginstall ulang windows akan membuat error blue menjadi hilang jika perangkat keras laptop anda masih bagus.

Jika menginstall masih belum membuahkan hasil, kemungkinan besar ada perangkat keras yang mengalami kerusakan dan perangkat keras yang cenderung mengalami kerusakan adalah Memory RAM nya.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan jika laptop atau komputer anda mengalami yang namanya BSOD (Blue Screen Of Death), Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Cara Mengatasi Windows error 'Page Fault In Nonpaged Area' (Blue Screen)