Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Tips Merawat Keyboard Laptop atau Komputer PC

Tips Merawat Keyboard Laptop atau Komputer PC- Pada postingan sebelumnya saya membahas tentang Merawat Layar LCD, dan kali ini saya akan membahas cara merawat keyboard, menurut aku keyboard lebih susah dirawat dibandingkan dengan layar, karena layar kan hanya dilihat dan di perhatikan sedangkan keyboard sering kita gunakan dengan menindis atau menekan tombol-tombolnya karena fungsi keyboard memang untuk ditindis.


Tips Merawat Keyboard Laptop atau Komputer PC


Keyboard itu merupakan salah satu komponen yang paling sering memunculkan masalah pada laptop atau komputer kita, kadang tombolnya rusak, ketika anda mengetik perintahnya tidak muncul di layar, atau kadang tombolnya malah tertekan terus. Panyebabnya bermacam-macam, bisa karena kita mengetik yang asal-asalan, atau anda menekan tombol terlalu keras, dan bahkan ada yang sampai tombolnya terlepas akibat menekan tombol yang terlalu keras.

Kadang juga keyboard rusak akibat hal-hal yang tanpa kita sadari, berupa rambut kita yang gugur akhirnya masuk di sela-sela keyboard, atau yang paling sering terjadi itu debu yang banyak menempel di setiap benda termasuk keyboard, dan akibat debu yang menempel semakin banyak menjadi sarang debu dapat meruka keyboard, oleh karena itu langkah yang dapat anda lakukan untuk merawat keyboard anda sebagai berikut :

1. Bersihkan Keyboard adan secara rutin menggunakan kuas kecil yang halus, dan yang perlu diutamakan dibersihkan adalah celah-celah yang ada pada keyboard anda.

2. Jauhkan Laptop anda dari cairan, baik yang kotor ataupun yang bersih karena jika tumpah dapat merusak bukan hanya keyboard bahkan Mainboard yang ada didalamnya, pengalaman saya pernah ditumpahi sirup  pada laptop saya dan laptop saya tiba-tiba mati/koslet. maka dari itu cairan itu membahayakan bagi laptop kita, karena didalam laptop itu banyak aliran listrik yang mengalir.

3. Pasanglah keyboard Protector atau pelindung keyboard untuk melindungi dari debu dan cairan yang tumpah.

4. Langkah terakhir Jangan menekan tombol-tombol keyboard dengan keras ketika anda mengetik.

Itulah tadi langkah-langkah untuk merawat keyboard anda agar tetap awet dan juga bersih, jika anda punya langkah lain selain yang saya tulis diatas, silahkan anda bagi di kolom komentar, semoga bermanfaat bagi sobat.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Tips Merawat Keyboard Laptop atau Komputer PC

0 Komentar untuk "Tips Merawat Keyboard Laptop atau Komputer PC"

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog