Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Pengertian Printer Beserta Fungsinya

Pengertian Printer Beserta Fungsinya - Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai salah satu Hardware yang berfungsi sebagai  Alat Output atau pengeluaran yaitu Printer, saya yakin anda pasti pernah dengar bahkan melihat atau menggunakan alat yang satu ini, biasanya orang memakainya jika ingin mencetak dokumen atau fotonya, dan lain sebagainya, karena pada masa ini teknologi semakin canggih dan sudah sangat sering masyarakat menggunakan printer baik itu dalam bidang Pendidikan, Bisnis, maupun di pemerintahan rata-rata mempunyai Print untuk kebutuhannya dalam mencetak sebuah dokumen, bahkan ada di beberapa rumah sudah menyediakan printer baik itu untuk urusan kantor ataupun tugas sekolah dari anggota keluarga tersebut.

Pengertian Printer Beserta Fungsinya
Pengertian Printer Beserta Fungsinya


Diatas saya telah membahas sedikit tentang pengertian ataupun fungsi dari printer,dan untuk Pengertian dan Fungsi yang lebih jelasnya, berikut ini :

Pengertian Printer

Printer adalah perangkat keras (Hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambaat, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dikumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.

Fungsi Printer

Fungsi Printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah dpi adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang mamiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun tidak terlalu bagus.

Itulah tadi Pengertian dan fungsi dari printer, walaupan agak singkat tapi isinya bermakna dan mudah dipahami, dan sekedar tips dari saya jika memilih sebuah printer jangan terlalu fokus ke harga yang murah, karena pengalaman saya beli printer yang paling murah itu saya cuman 3 hari ndak sampe seminggu, dikarenakan catridge yang cepat rusak, jadi jika anda ingin membepi print saya saranin beli merek epson jika ingin yang tahan lama karena printer epson catridge nya mempunyai pelindung, Print Brother juga bagus, tapi semua itu terserah dari teman-teman sendiri, printer yang anda rasa paling nyaman dan tahan lama anda pakai.  Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Pengertian Printer Beserta Fungsinya