Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Pengertian Motherboard Beserta Fungsinya

Pengertian Motherboard Beserta Fungsinya - Tahukah anda apa itu Motherboard? dalam bahasa inggris jika kata motherboard dipisah, maka akan menjadi "mother board" itu berarti papan ibu tapi yang kita bahas disini adalah motherboard kata yang tersambung atau hanya ada 1 kata, motherboard itu sendiri merupakan salah satu Hardware Komputer atau Laptop yang sangat penting atau disebut sebagai komponen utama dari sebuah komputer atau laptop tanpa adanya alat atau perangkat keras motherboard maka komputer tidak akan bisa menyala.

Pengertian Motherboard Beserta Fungsinya
Pengertian Motherboard Beserta Fungsinya


Komputer atau laptop pasti mempunyai motherboard dan banyak juga orang yang menyebut Mainboard atau papan komputer,dll. tapi sudah tahukah anda pengertian dan fungsi dari motherboard itu sendiri, diatas sudah saya jelaskan sedikit, dan untuk lebih jelasnya, dapat anda baca berikut ini :

Pengertian Motherboard

Motherboard adalah Perangkat Keras Komputer (Hardware) yang memiliki peran utama dan paling vital. Dimana di dalam kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknik seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengetus Koneksi Input-Output), RAM ( Memori Penyimpanan data sementara), VGA Card (Memori penyimpanan data grafis), Processor, Dan Additional Card (PCI, ISA).

Contoh gambar bagian Motherboard
Contoh gambar bagian Motherboard


Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Yang artinya, Motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.. Contohnya, Motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti processor, RAM, Harddisk, Power Supply, VGA Card, Monitor, Printer dan hampir semua komponen komputer terhubung dengan Motherboard.

Bagi teman-teman yang ingin merakit komputer sendiri, maka sebaiknya anda teliti terlebih dahulu sebelum membeli perang keras Motherboard. Dan yang harus anda perhatikan adalah, jenis soket processor, Frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah Soket RAM, dan yang terpenting adalah reputasi dan keandalah sebuah merek daripada perangkat keras Motherboard yang akan anda beli.

Di Negara Indonesia Sendiri telah tersebar luas cabang dari produsen kenamaan yang memproduksi motherboard. Persaingan ketat pun di tunjukkan para produsen guna menjadi leader dalam pasar perangkat keras motherboard. Seperti misalnya, merek produk kini tengah memiliki reputasi dan keandalan yang bagus antara lain : Gigabyte, Aus, Abit, ESC, Albatron, Biostar, Aopen, dan Jetway. Harga banderolan masing-masing merek pun memiliki varian yang cukup variatif. Begitu pula untuk sektor spesifikasinya.

Itulah tadi Pembahasan mengenai perngertian dan fungsi dari salah satu perangkat utama komputer yang disebut Motherboard, Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teaman.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Pengertian Motherboard Beserta Fungsinya