Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Komponen-komponennya

Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Komponen-komponennya- Dalam sebuah komputer ada 3 bagian dari sistem komputer itu sendiri, perangkat lunak, pengguna komputer, dan salah satunya perangkat keras, nah yang kita bahas disini adalah perangkat kerasnya yang dalam bahasa inggris biasa juga disebut sebagai Hardware yang dimana perangkat keras ini yang kita lihat secara kasar berupa monitor, cpu, mouse, keyboard, dll, lebih lengkapnya kita bahas dibawah ini.


Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Komponen-komponennya


Pengertian Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras (Hardware) adalah salah satu komponen dari sebuah komponen yang sifat alatnya bisa diraba dan dilihat secara langsung atau berbentuk nyata (benda), yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah Instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh perangkat keras tersebut, maka perangkat keras tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah .

Perangkat keras komputer yang kita kenal bisa di golongkan dalam tiga kelompok :

1. Peranti Masukan (Input Device)
2. Peranti Pengolah (Processing Unit)
3. Peranti Keluaran (Output device)

Peranti masukan adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner.

Peranti Pengolah adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi otak mesin komputer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Peranti perngolah ini sering disebut CPU (Central Processing Unit) atau disebut juga processor.

Peranti Keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, speaker, dan printer.

Komponen-komponen Perangkat Keras (Hardware)

Berikut ini penjelasan tentang fungsi beberapa perangkat keras dan komponen-komponen yang umum digunakan :

- Processor : merupakan otak dari komputer sebagai puast pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
- Mainboad : Biasa disebut juga motherboard berfungsi sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen-komponen lainnya dipasang.
- RAM (Memory) : berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Acces Memory, yaitu memory yang bisa diakses secara acak oleh processor.
- Harddisk : berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang berkapasitas besar. Hardisk berada dalam casing komputer dan jarang di pindah-pindahkan.
- CD Drive : biasa juga disebut CD Room tempat untuk memasukkan CD, berfungsi untuk membaca (Read) atau menulis (Write) data pada CD/DVD
- VGA Card : merupakan komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Grapics Array.
- Sound Card : merupakan komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker.
- LAN Card : merupakan komponen yang akan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. LAN Card tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja, LAN singkatan dari Local Area Network.
- Keyboard : merupakan piranti masukan (Input Device) sebagai tempat memasukkan (mengetik) data/hurup yang akan tampil ke layar monitor, bisa juga untuk memberikan perintah.
- Mouse : merupakan pinranti masukan (Input Device)  sebagai alat petunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.
- Scanner : sebagai alat untuk memasukka data berupa gambar/foto.
- Monitor : monitor biasa juga disebut latar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
- Speaker : berfungssi untuk menegeluarkan informasi berupa suara, baik itu lagu ataupun video
- Printer : berfungsi untuk mencetak sebuah data dokumen maupun foto pada kertas.
- Modem : Merupakan komponen yang diperlukan jika kita ingin mengkoneksi ke internet, atau mengirim data melalui jaringan telepon. Modem juga tidak selalu dipasang di komputer, dan di pasang jika diperlukan saja.
- Stabilizer : berfungsi menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power Supply komputer tidak terlalu naik-turun yang bisa menyebabkan kerusakan pada komputer kita.
- UPS : singkatan dari Uninteruptable Power Supply, berfungsi untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak karena UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk komputer dalam waktu tertentu.

Bagaimana sobat penjelasan ane? bila yang kurang mohon maaf dan silahkan ditambahkan di kolom komentar, dan semoga artikel Pengertian Perangkat keras (Hardware) ini bermanfaat.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Komponen-komponennya

0 Komentar untuk "Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Komponen-komponennya"

Silahkan Komentar sesuai dengan niche blog