Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya - Kebanyakan orang menganggap komputer itu adalah alat yang berupa monitor, cpu, mouse, keyboard, maupun spekaer, akan tetapi pada kenyataannya, ada media elektronik lainnya yang dapat juga dikategorikan sebagai komputer, saya juga mengganggap alat-alat yang saya sebutkan diatas adalah komputer namun ada panggilan yang lebih jelas dan makna cuman 1,  beda halnya dengan komputer yang dapat dikategorikan dengan berbagai hal karena mempunyai jenis yang beragam.

Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya
Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya


Adapun Jenis-Jenis Komputer, Sebagai berikut :

1. PC-Personal Computer (Desktop).

Contoh gambar personal computer (PC)
Contoh gambar personal computer (PC)


Ini yang biasa disebutkan oleh kebanyakan orang jika diberi kata Komputer, yaitu seperangkat alat elektronik yang terdiri dari Monitor, Cpu, Mouse, Keyboard, dan juga speaker, dan beberapa hardware tambahan lainnya seperti printer, Modem, Scanner, dll. Komputer Desktop dapat dibagi menjadi dua macam.


a. Built-up

Desktop ini sudah didesain dan dibentuk lengkap dari pabrik pembuatanya, Disini user tinggal membeli desktop dan langsung memakainya saja. mempunyai garansi, dan beberapa pabrik pembuat desktop built-up ini adalah Dell, Lenovo, Acer, Asus, Hp, Zyrex, dan masih banyak lainnya.

b. Rakitan

Rakitan adalah desktop yang dirakit oleh user dengan spesifikasi yang sesuai dengan yang dia inginkan. Misalnya anda ingin merakit komputer desktop maka anda harus menentukan spesifikasinya, tergantung untuk apa  desktop itu digunakan, jika untuk game (gamers) maka hendaknya memberikan spesifikasi yang tinggi, jika digunakan untuk keperluan pribadi seperti membuat dokumen,edit foto, nonton film, dengar musik, maka sebaiknya anda memberikan spesifikasi yang standar, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. anda dapat menentukan monitor yang ingin anda gunakan, begitupun dengan mouse, keyboard, dan hardware yang ada di dalam cpu (processor, Ram, Harddisk,dll), dasar untuk merakit komputer anda harus mengetahui pengetahuan yang cukup terhadap komponen-komponennya, karena setiap komponen atau perangkat masing-masing mempunyai spesifikasi sendiri-sendiri.


2. Laptop.

Contoh gambar Laptop
Contoh gambar Laptop


Laptop, biasa juga disebut komputer lipat, komputer jinjing, atau notebook, merupakan sebuah mobile computer yang berukuran relatif kecil dan ringan. Beratnya berkisar 1-3 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari beterai atau adaptor (Cas). Baterai laptop umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi dan ukuran baterai.

3. Tablet

Contoh gambar Table
Contoh gambar Table
 

Teblet adalah laptop atau portable computer yang berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Pengguna memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan atau keyboard biasa jika ada. tablet PC menggunakan layar LCd sentuh. Layarnya pun dapat diputar keatas dan kebawah sehingga posisi keyboard mengadap ke tanah atau pangkuan dan posisi layar tidur menghadap keatas. Layar Tablet juga memungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan menoleh, hingga 360 derajat.

4. All in One PC (Touchscreen PC)

Contoh gambar All in One PC
Contoh gambar All in One PC


All in One PC ini adalah salah satu jenis komputer terbaru dimana motherboard, memory, Processor, Harddisk, dan komponen komputer lainnya bersatu dengan seubah monitor. Ukuran komputer ini beragam bisa mencapai 62 inc. Komputer ini juga dilengkapi dengan port keyboard dan mouse wireless, selain itu layarnya juga mempunyai touchscreen atau dapa disentuh seperti hp Andorid, sehingga dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.

Komputer All in One ini banyak diguanakn di tempat umu, untuk melayani pelanggan yang datang seperti di rumah sakit, Mall, Bandara Penerbangan, dan masih banyak lainnya.

5. Wearable Computer 

Contoh gambar wearable computer
Contoh gambar wearable computer


Wearable computer ini merupakan jenis computer yang dipakai di tubuh manusia dan juga sebagai fashion yaitu jam tangan, kacamata, ponsel, atau bahkan ada juga pakaian. wearable  Computer kini sedang menjadi mode dalam dunia teknologi dan menjadi bahan penelitian di beberapa perusahaan teknologi besar. Beberapa contoh wearable komputer yang sudah beredar di pasaran saat ini adalah Samsung Galaxy Gear dan Google Eye.

Contoh gambar wearable computer
Contoh gambar wearable computer


Fungsi dari weareble computer saat ini sudah sangat berkembang di dalam kehidupan manusia, bahkan dalam bidang olahraga seperti sepakbola, sudah memanfaatkan wearable computer dengan menciptakan teknologi garis gawang atau goal line technology.

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa jeni-jeni dari komputer beserta fungsi dan contohnya,
setiap tahun perkembangan teknologi akan bertambah jenis komputer karena zaman semakin modern dan teknologi akan pun ikut modern atau canggih. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya