Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Pengertian Harddisk Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian Harddisk Komputer Beserta Fungsinya - Apa itu harddisk? sudah tahukah anda apa itu harddisk yang ada pada kopmputer? menurut pengetahuan saya, harddisk itu merupakan perangkat keras komputer atau biasa juga disebut dengan hardware yang bertugas untuk menyimpan data dengan kapasitas penyimpanan yang besar, harddisk juga merupakan komponen utama dalam sebuah komputer karena tanpa adanya harddisk komputer tidak akan masuk ke sistem operasi karena tempat simstem operasi tersimpan di harddisk begitupun dengan instalasi driver, software, dan data atau file file anda nanti bisa anda simpan dalam ke dalam harddisk.

Pengertian Harddisk Komputer Beserta Fungsinya
Pengertian Harddisk Komputer Beserta Fungsinya


Dan untuk penjelasan yang lengkap mengenai pengertian dan Fungsinya, dapat anda baca berikut ini :

Pengertian dan Fungsi Harddisk

Hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan semua data atau file di dalam komputer termasuk menyipan sistem operasi, aplikasi-aplikasi, dokumen-dokumen, musik, video, game, dan data file lainnya. harddisk mempunyai kapasitas yang besar atau daya tapung filenya yang besar, semakin besar kapasitas harddisk yang anda punya maka semakin besar juga data yang dapat di tampung oleh harddisk.

Dalam sebuah komputer kita bisa saja memasang empat buah harddisk dalam satu komputer, tetapi kita harus mengatur status harddisk agar dapat dideteksi dengan benar oleh sistem. Untuk mengatur status dan fungsi harddisk dalam komputer dikenal dengan istilah konfigurasi jumper harddisk. Pada harddisk jenis ATA kita bisa mengenal istilah Master/Slave. dan posisi jumper inilah menentukan apakah harddisk tersebut sebagai master atau slave. Semakin banyak harddisk yang kita pasang, daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Untuk itu, besar power  supply juga harus kita perhatikan. lebih baik memasang 1 harddisk saja yang berukuran  1Tb daripada 3 harddisk yang berukuran masing-masing 320Gb, agar daya nya lebih hemat.

Jenis Harddisk

Saat ini hanya ada dua jenis harddisk, yaitu ATA yang menggunakan jenis kabel data IDE dan harddisk SATA yang menggunakan kabel SATA.Selain berbeda di kabelnya, perbedaan lainnya terletak pada kecepatan putaran piringan harddiks yang mempunyai pengaruh pada ecepatan pengambilan data di dalam komputer.

Adapun jenis sambungan harddisk saat ini ada 4 sambungan harddisk masuk ke komputer, sebagai berikut :

1. SATA
Sambungan SATA adalah sambungan standar yang biasa dipakai utnuk hardsik internal. Sambungan ini mempunyai kecepatan transfer file paling tinggi dengan format apapun.

2. eSATA
Sambungan eSATA adalah sambungan yang jarang dipakai atau kurang umum digunakan namun memiliki kinerja yang tinggi dan paling umum ditemukan di komputer. Sambungan eSATA bekerja dengan kecepatan yang hampir sama dengan harddisk internal.

3. FireWire
Sambungan firewire adalah mempunyai kecepatan 800 jauh lebih cepat, sehingga cara ini begitu populer untuk mentransfer file video

4. USB
dan yang terakhir sambungan USB adalah jenis sambungan yang paling umum digunakan. biasanya diapakai untuk memasukkan harddisk eksternal anda tinggal colokkan ke port usb komputer atau laptop, dan komputer langsung mendeteksinya, dan siap melakukan transfer atau  file yang anda inginkan.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang harddisk berupa pengertian dan fungsinya, namun saya tambahkan sedikit mengenai jenis-jenis harddisk, dan perlu anda ketahui ukuran harddisk juga berbeda-beda, contohnya harddik dekstop atau pc berbeda dengan harddisk laptop, harddisk pc mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan harddisk laptop, namun kedua mempunyai fungsi yang sama untuk menyimpan sebuah file, Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.


Related : Pengertian Harddisk Komputer Beserta Fungsinya