Ilmu | Tips & trik | Troubleshoot Seputar Komputer & Gadget

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsinya - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang jaringan komputer, dan yang saya bahas disini adalah materi tentang pengertian dan fungsinya, bukan komponen-komponen atau perangkat dari jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsinya
Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsinya


Sebelum anda mengenal tentang komponen-komponen atau perangkat jaringan komputer alangkah baiknya jika anda mengetahui apa itu pengertian dari jaringan komputer beserta fungsinya, sebagai berikut :

Pengertian Jaringan Komputer

Dari sumber wikipedia menjelaskan Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri (Stand Alone) yang dihubungkan menggunakan berbagai media penghubung. Komputer-komputer dalam sebuah jaringan seling berkomunikasi, bertukar informasi, dan dapat menggunakan resources yang dapat digunakan bersama melalui sebuah media. Resources ini dapat berupa hardware seperti printer, Harddisk, Faksimili, Program aplikasi, internet, dan lain sebagainya.

Fungsi Jaringan Komputer

Ada banyak hal yang bisa kita manfaatkan dengan adanya jaringan komputer, terdapat banyak fungsi jaringan komputer itu sendiri yang diantaranya :

  • Mempercepat proses berbagi data (Sharing Data). 
Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Hal ini sangat mempermudah user dalam memperoleh data yang diinginkan2Menjaga

  • Menjaga Informasi agar tetap handal dan up to date.
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh komputer server memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Hal ini sudah diterapkan di dunia perusahaan ataupun instansi pemerintahan, denga begitu data akan lebih mudah diakses dan membantu proses dalam pengerjannya.

  • Lebih Hemat
Lebih hemat dari biaya atau sumber daya yang lebih efisien dari methode / cara lain. Contohnya, di dalam sebuah usaha percetakan atau pun di sekolah terdapat satu printer yang dapat digunakan untuk banyak user (pengguna).


Itulah tadi penjelasan mengenai jaringan komputer yang berupa pengertian dan fungsinya, semoga dapat anda mengerti atau dipahami. dan semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman.

Sekian dan Terima Kasih.

Related : Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsinya